Rabu, 20 November 2013

Xirrus WI-FI Inspector VS inSSIDer


vs

  

Apa itu  XIRRUS ?
Xirrus Wi-Fi Inspector adalah aplikasi untuk memantau jaringan Wi-Fi dan mengelola perangkat Wi-Fi dari sebuah laptop. Aplikasi ini dapat beroperasi  pada windows 8, Windows 7, Vista, atau XP.  Secara umum tool ini sudah dilengkapi dengan fitur-fitur untuk mencari dan menemukan jaringan WiFi, memverifikasi cakupan dari WiFi, serta mengelola dan solusi pemecahan masalah terhadap koneksi WiFi.
Kelebihan Xirrus Wi-Fi Inspector :
1.      Mencari jaringan Wi-Fi
2.      Troubleshooting konektivitas Wi-Fi
3.      Memverifikasi cakupan Wi-Fi (survei lokasi)
4.      Mengelola koneksi Wi-Fi pada laptop
5.      Mencari perangkat Wi-Fi
6.      Mendeteksi  AP  yang mengganggu
7.      Memverifikasi pengaturan AP
8.      Mimbidik antena Wi-Fi
9.      Wi-Fi Education

Berikut adalah bagaimana cara menggunakan aplikasi Xirrus Wi-Fi Inspector
  1.      Koneksikan laptop dengan jaringan wireless yang tersedia.
  2.      Jalankan aplikasi Xirrus yang sudah diinstal didalam laptop.
  3.      Tampilan halaman utama Xirrus WI-FI Inspector


Dari  gambar  diatas  dapat dilihat bahwa  ada  banyak jaringan Access  Point  yang  tersedia  disekitar.  Total  SSID ada 7 buah, dengan jumlah BSSID sejumlah 7 buah  dan laptop yang digunakan sedang terkoneksi dengan SSID “polines_1992”. Xirrus  mampu menampilkan berbagai informasi tentang masing –  masing Access Point seperti SSID, kekuatan  sinyal,  network  mode,  vendor,  dan  lain  –lain.  Selain  itu  Xirrus  dalam halaman  Home,  Xirrus  juga  menampilkan  kekuatan  sinyal  (RSSI)  dalam  bentuk grafik.

  4.  Dalam  aplikasi  Xirrus  versi  1.2.1.4  yang  penulis  gunakan  hanya  terdapat  1  sebuah menu Home dengan 15 SubMenu.


Radar  digunakan  untuk  menampilkan  jaringan  WiFi  (SSID)  dengan  tampilan  yang dinamis. Nama –  nama jaringan (SSID) dan sebuah titik akan ditampilkan dalam layar radar dengan jarak relatif dari pusat radar berdasarkan kekuatan sinyal WiFi-nya. 

History  and  Networks  digunakan  untuk  melihat  data  jaringan  yang  baru  saja dideteksi  beserta informasi –  informasi  lain dari masing – masing jaringan.


History digunakan untuk melihat grafik  kekuatan sinyal (RSSI) access point yang terkoneksi ke laptop dalam satuan dBm.


Network digunakan  untuk  menampilkan  semua  nama  jaringan  (SSID)  access point dengan  berbagai  informasi  lain  dari  masing    masing  jaringan 


Speed Test --> aplikasi akan otomatis akan membuka halaman web speedtest.net untuk melihat kecepatan internet yang sedang digunakan.


Ping test --> aplikasi akan otomatis membuka halaman pingtest.net untuk menguji konektifitas sebuah jaringan.

Connection test menjalankan ping ke Server DNS, Gateway, DNS lookup dan internet dan pada bagian ini ditampilkan hasil dari ping yang dijalankan.


Settings digunakan untuk mengubah pengaturan aplikasi, meliputi pemilihan wireless adapter,  display  unit  yaitu  untuk  menapilkan  kekuatan  sinyal  (RSSI),  RSSI  metode, dan  lainnya.  Pada  polling  interval,  semakin  pendek  interval,  semakin  cepat  widget tersebut meng-update informasi.


Export Networks digunakan untuk menyimpan daftar jaringan yang pernah dideteksi ke file dengan format.csv.

5.      Dalam  submenu Show All  diperlihatkan semua informasi tentang jaringan yang dapat dideteksi, terutama untuk jaringa yang terkoneksi dengan lapto p, dalam ha ini adalah jaringan  “polines_smartcampus_103”.  Informasi  yang  ada  seperti  Radar  dan Connection.




ISSIDER 

Apa itu inSSIDer ?

inSSIDer adalah software yang digunakan untuk memindai dan mengcapture jaringan dengan parameter utama SSID dalam jangkauan antena Wi-Fi komputer, melacak kekuatan sinyal dari waktu ke waktu, dan menentukan pengaturan keamanan mereka (termasuk apakah dilindungi oleh password atau tidak). inSSIDer merupakan aplikasi GRATIS, open-source Wi-Fi scanning software. Selain menggunakan Windows, kita juga dapat menggunakan ponsel pintar seperti android untuk memonitor SSID di suatu tempat. Aplikasi ini dapat didownload di situs seperti Cnet.com, Softpedia.com, dll untuk versi PC-nya. Untuk versi smartphone bisa didapatkan di Play Store.

Halaman utama aplikasi Inssider

 

Filter  berfungsi  untuk  menyaring  informasi  SSID  mana  saja  yang  akan ditampilkan  di  network  list.  Mode  filter  yang  dapat  digunakan  adalah  SSID,  channel, signal, security, serta tipe standar network.
 

Untuk  melihat  detil  jaringan,  pilih  salah  satu  jaringan  yang  akan  dipantau. Maka informasinya akan tampak pada network information (sisi kanan).
 

Terakhir,  paling  bawah  akan  menampilkan  sebaran  frekuensi  dan  daya network  yang  termonitoring  dalam  bentuk  grafik.  Grafik  dibagi  dalam  dua  band berbeda: 2.4 GHz dan 5 GHz.

3 komentar: