Senin, 24 Juni 2013

WIRESHARK


Wireshark adalah Network Packet Analyzer. Network Packet Analyzer berguna untuk menangkap paket-paket jaringan dan berusaha untuk menampilkan semua informasi di paket tersebut secara detail. Awalnya bernama Ethereal, pada Mei 2006 proyek ini berganti nama menjadi Wireshark karena masalah merek dagang. Wireshark adalah salah satu dari sekian banyak tool Network Analyzer yang banyak digunakan oleh Network Administrator untuk menganalisa kinerja jaringannya dan mengontrol lalu lintas data di jaringan yang Anda kelola. Wireshark menggunakan interface yang menggunakan Graphical User Interface (GUI).


Wireshark telah menjadi Network Protocol Analyzer yang sangat terkenal dan telah menjadi standar di berbagai industri, dan merupakan sebuah proyek lanjutan yang dimulai tahun 1998. Developer di seluruh dunia telah berkontribsi mengembangkan software ini. Dengan segala kemampuan yang dimilikinya, wireshark digunakan oleh network professional untuk keperluan analisis , troubleshooting, pengembangan software dan protokol, serta digunakan juga untuk tujuan edukasi. Wireshark mampu menangkap paket-paket data yang ada pada jaringan tersebut. Semua jenis paket  informasi dalam  berbagai format protokol pun akan dengan mudah ditangkap dan dianalisa. Karena itu tidak jarang tool ini digunakan untuk sniffing (memperoleh informasi penting seperti password dan username atau account lainnya). Wireshark adalah aplikasi opensource sehingga dapat dicari dengan mudah dan gratis. Tools ini dapat digunakan pada platform linux ataupun windows. Dengan wireshark, dapat memberikan informasi yang bener  kepada audit tanpa bisa dimanipulasi oleh pihak-pihak tertentu. Karena wireshark merekam semua aktifitas, keluar-masuknya data yang melewati jaringan.
Ratusan developer di seluruh dunia telah berkontribusi mengembangkan software ini, dan sampai detik ini pun masih tetap dalam tahap pengembangan yang aktif. Dengan segala kemampuan yang dimilikinya, Wireshark digunakan oleh network professional di seluruh dunia untuk keperluan analisis, troubleshooting, pengembangan software dan protokol, serta digunakan juga untuk tujuan edukasi alias pendidikan.

Beberapa fitur-fitur yang dimiliki oleh Wireshark
Menangkap paket data secara langsung dari sebuah network interface
Mampu menampilkan informasi yang sangat detail mengenai hasil capture tersebut
Membuka dan menyimpan paket data yang di ambil
Dapat Import dan Export hasil capture dari atau ke komputer lain
Menyaring paket bedasarkan kriteria filter
Pencarian paket dengan berbagai macam kriteria filter
Mewarnai layar paket berdasarkan kriteria filter
Dapat membuat berbagai macam tampilan statistika

Contoh penggunaan Wireshark:
Admin sebuah jaringan menggunakannya untuk troubleshooting masalah-masalah di jaringannya
Teknisi keamanan jaringan menggunakannya untuk memeriksa keamanan jaringan
Pengembang software bisa menggunakannya untuk men-debug implementasi protokol jaringan dalam software mereka
Banyak orang memakainya untuk mempelajari protokol jaringan secara detail
Banyak juga orang usil yang menggunakannya sebagai sniffer data-data privasi di jaringan

1 komentar: